IDUL ADHA DAN MAKNA HIDUP SESUDAHNYA

idul adha 2019

"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd."

Untuk pertama kalinya acara peringatan hari Raya IDUL ADHA 1440 H / 2019 bertepatan Minggu 11 Agustus 2019, warga Perumahan Permata Pinang Graha 3 menyelenggarakan peringatan IDUL ADHA dengan menyembelih satu ekor kambing kurban.

sejarah idul adha

Ada nilai historis tentang cinta dan perjuangan seorang ayah kepada anaknya dalam Idul Adha. Saat Nabi Ibrahim AS mendapat wahyu untuk menyembelih putranya sendiri, Ismail. Ibrahim dihadapkan pada pilihan untuk melaksanakan perintah Allah SWT atau mempertahankan anak yang dicintainya. Pilihan yang sangat dilematis. Namun, atas dasar taqwa dan cinta Allah SWT yang melebihi segalanya, Ibrahim siap tunaikan perintah menyembelih putranya sendiri. Hingga akhirnya, Ismail digantikan dengan seekor domba.

Sungguh, qurban tak sebatas menyembelih hewan.
Ada pelajaran penting di dalamnya. Dengan ber-qurban, kita tidak hanya sekedar melaksanakan perintah Allah SWT tetapi juga diberi kesempatan untuk memanifestasikan rasa solidaritas sosial sebagai simbol ketaqwaan. Qurban harus dapat meningkatkan kualitas ketaqwaan manusia, mampu menghadapi segala cobaan dan rintangan dalam hidup. Melalui qurban, kita belajar untuk istiqomah dalam menebarkan kepedulian sosial. Wajib bagi orang yang “berkecukupan” membantu orang yang “lemah”.
idul adha bagi warga

Qurban tidak hanya simbol kesolehan ritual, tetapi juga realisasi kesolehan sosial. Qurban adalah “sedekah” dari yang “mampu” kepada yang “tidak mampu”.
Jadi, qurban itu dapat menjadi janji “kesetiaan” kita dalam mengorbankan dan menyembelih sifat egois kita, sikap tidak mementingkan diri sendiri, tidak rakus, dan serakah atas dasar cinta kepada Allah SWT. Hari ini, kita harus hidupkan solidaritas dan kepedulian sosial yang lebih nyata, bukan hanya retorika dan sebuah slogan yang selalu sering didiskusikan.
berkurban untuk ketakwaan

Idul Adha, ber-qurban adalah simbol. Bahwa dalam hidup perlu timbal balik. Apa yang anda berikan akan kembali, apa yang anda tanam akan tumbuh, dan apa yang anda korbankan akan berbuah. Hidup, tak perlu mencari kesalahan orang lain. Tak perllu juga membuka aib saudara kita. Karena QURBAN adalah pertanda cinta, cinta kepada sang Khalik dan cinta kepada sesama.
SELAMAT IDUL ADHA 2019 / 1440 H

Comments