KERJA BAKTI DAN GOTONG ROYONG, WUJUD KEHIDUPAN BERTETANGGA

Kerja bakti adalah salah satu wujud kehidupan bertetangga. Ini dilakukan oleh lingkungan tetangga tertentu, misalnya RT atau RW. Banyak kemuliaan & manfaat yang diperoleh dari kehidupan bertetangga, termasuk melalui kerja bakti ini. 

Sisi Positif Kerja Bakti

Silaturahmi. Mungkin saja antar tetangga tidak tersedia waktu cukup untuk bertemu. Kesibukan kerja membuat silaturahmi tidak berjalan. Dengan kerja bakti, mereka jadi saling bertemu dan mengetahui kabar masing-masing. Mengobrol tentang sekolah anak, pekerjaan, atau tentang rencana atau ide ke depan terkait lingkungan. 


gotong royong

Justru mengobrol dan silaturahmi ini sering lebih ramai dan menghibur, sambil memberi semangat untuk bekerja bakti. Sering ada saja yang melontarkan candaan untuk membuat suasana segar. Hal ini menciptakan rasa saling mengenal, kebersamaan dan kegotongroyongan.


Refreshing. Kesibukan kerja membuat kehidupan seseorang monoton ngurusi kantor atau lingkungan kerja. Kerja bakti adalah suasana santai, tanpa target, tanpa tuntutan tertentu. Ini adalah kehidupan sosial yang lain, benar-benar untuk mewujudkan kehidupan bertetangga. Kerja bakti perlu diberikan prioritas, agar orang memiliki variasi lingkungan. 

permata pinang warga 3

Kerja bakti... nikmati saja, nggak usah dipikir. Segera keluar rumah, pakai baju rumah sederhana dan topi, bawa sapu atau sabit. Mau pakai sarung juga boleh, temui orang-orang sambil tersenyum. Nikmati saja. 

Ini refreshing yang murah meriah. Pikiran akan menjadi sehat, karena melepaskan dari berbagai kehidupan rutin, atau tekanan kehidupan. Oh ya jangan lupa bawa gadget. Boleh berfoto sambil bekerja bakti. Kemudian upload di grup medsos warga RT, pasti anggota grup pada heboh. Ini pasti akan membuat lucu dan refresh.


Olahraga. Kerja bakti juga membuat badan berkeringat. Ada kombinasi gerakan fisik, berjalan, mengangkat, mengayun, naik, turun, atau menahan. Memang melelahkan, tetapi bagi saya ini sangat memuaskan untuk membakar kalori seperti olahraga. Pekerjaan ini selama dua hingga tiga jam bisa membakar kalori hingga 500 kalori.

Setiap orang perlu mencoba hal ini, sesuai dengan kemampuan tanpa harus memaksa diri. Umumnya warga memilih kegiatan memangkas tanaman, membersihkan, atau sekedar mengangkat tangga. Bila memang tidak mampu, tidak kompeten atau tidak kuat, warga dapat berunding untuk diselesaikan oleh tukang atau orang profesional.

Menyumbang alat atau konsumsi. Di pemukiman tempat saya, kerja bakti diberi surat undangan. Dalam surat, tertulis warga dipersilakan membawa alat parang, tangga, sabit atau lainnya. Sedang yang berhalangan hadir dapat berpartisipasi menyumbang minuman atau kue. ( minimal Rp 10.000,- sesuai kesepakatan bersama )

Di sinilah antusias warga nampak. Karena ada warga yang berprofesi sebagai kontraktor sipil, maka semua alat sipil tersedia, mulai mobil pickup, chainsaw, atau tangga tinggi. Sementara yang bekerja sebagai kontraktor listrik bisa menyumbangkan perlengkapan litrik. Untuk warga yang menyumbang konsumsi juga jumlahnya berlebih, mulai nasi kuning, buah, kue atau minuman. 
Pemberdayaan Kerja Bakti

Kerja bakti adalah salah satu bentuk dari kehidupan bertetangga. Kepedulian seseorang dalam kerja bakti demikian terlihat jelas dalam uraian di atas. Ada kebersamaan, silaturahmi, berbagi, berkontribusi yang berorientasi sosial. Juga yang pasti adalah manfaat kebersihan lingkungan, selain manfaat yang diperoleh secara individual.

Manfaat sosial lainnya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan sosial bertetangga. Silaturahmi dalam kerja bakti dapat memonitor seseorang, misalnya sedang keluar kota, berhalangan atau sakit. Dengan demikian warga dapat mengkondisikan, memberi bantuan atau pertolongan. 

lomba voli


Kerja bakti yang dilaksanakan pada Minggu 19 Juli 2019, membuat lapangan bola voli yang diikuti oleh warga perumahan Permata Pinang Graha 3 dan warga dusun Tanggungan lor, agar terwujud kemitraan secara sinergis dengan semua unsur warga masyarakat di sekitarnya, yang harmonis, santun dan partisipatif yang memiliki rasa kebanggaan terhadap lingkungannya.
Berikutnya pemanfaatan lapangan bola voli digunakan sebagai sarana bersama antara warga perumahan dan warga dusun tanggungan lor.

lapangan voli


Semoga terwujud lingkungan kita sebagai kawasan permukiman warga yang nyaman, aman, tentram, asri dan sehat, dengan dukungan fasilitas infrastruktur yang memadai, serta didukung partisipasi aktif warga yang egaliter ( Manusia sederajat, yang memiliki hak dan kewajiban yang sama, yang harus dihargai dan dihormati ) rukun, dan religius/agamis.

team voli

“Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah yang terbaik di antara mereka terhadap sahabatnya. Dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah yang terbaik di antara mereka terhadap tetangganya.”  (HR Tirmidzi)
















Comments