BERKOMUNITAS ASYIK DI LINGKUNGAN PERUMAHAN

perumahan warga

Kesibukan masyarakat di kota besar saat ini cenderung membentuk sikap individual. Seperti tinggal di lingkungan perumahan, tapi tidak mengenal tetangga sekitarnya. Padahal, menjalin hubungan baik dengan orang-orang di lingkungan sekitar penting untuk menjaga keharmonisan. Bagaimana caranya berkomunitas yang asyik di lingkungan rumah?
Berkeringat bersama
Olahraga merupakan cara seru untuk mempererat tali silaturahmi. Manfaatkan fasilitas olahraga di lingkungan perumahan untuk berlatih seperti sepak bola, voli, bulutangkis, atau senam. Tak hanya mampu mewadahi interaksi antar sesama, kegiatan ini pun berguna untuk melepas penat dari kesibukan kantor.
Aktif organisasi
Libatkan diri Anda dalam acara yang dirancang oleh komunitas di tempat tinggal Anda. Seperti panitia perayaan kemerdekaan Indonesia atau panitia outing ke tempat wisata. Jika menjadi panitia acara terlalu berat bagi Anda, setidaknya jadilah anggota yang ikut serta memberi masukan dan ide bagi perencanaan acara.
Menjadi tuan rumah
Dengan menjadi tuan rumah bagi kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan rumah, Anda akan dikenal sebagai orang yang terbuka terhadap lingkungan sekitar. Misalnya Anda dapat menjadi tuan rumah untuk rapat kerja bakti, arisan, atau pengajian rutin.
Peduli tetangga
Kepedulian merupakan hal berharga dalam sebuah hubungan sosial di lingkungan rumah. Sebagai contoh, ketika ada tetangga yang mengadakan pesta pernikahan dan mengundang Anda sekeluarga, hadirilah sebagai bentuk rasa hormat. Jika ada tetangga yang sedang menjalani perawatan sakit di rumah, Anda dan tetangga-tetangga lain dapat bersama-sama menjenguknya.
Bangunlah relasi yang baik dengan warga lingkungan sekitar rumah Anda untuk mendukung kenyamanan hidup Anda sekeluarga. Terjun dalam komunitas dan bersosialisasi dengan semua orang di lingkungan rumah adalah salah satu cara untuk memiliki hidup nyaman dan berkualitas. Dengan membangun relasi sosial tersebut, Anda pun tak akan sungkan untuk meminta bantuan saat diperlukan, misalnya meminjam tangga untuk mengganti bola lampu. Selain itu, saling mengenal antar tetangga pun akan membuat keamanan lingkungan lebih terjaga.

Comments